Teknologi Streaming Dijelaskan dalam Istilah Layman

Berbagai film dan layanan televisi on-demand bermunculan beberapa tahun terakhir telah memperkenalkan beberapa terminologi baru kepada banyak dari kita yang tidak cerdas secara teknologi, dan yang baru mulai menjelajahi wilayah luas yang belum dipetakan yang dikenal sebagai web di seluruh dunia. Satu istilah yang bisa dibilang istilah rumah tangga adalah streaming. Konsep streaming bukanlah hal baru. Radio dan televisi dialirkan. Streaming, singkatnya, metode pengiriman untuk media. Kita dapat mengalirkan apa saja yang dapat digitasi, termasuk musik, film, olahraga, dan acara televisi.

Satu statistik yang mungkin mengejutkan banyak orang adalah 30% dari semua lalu lintas internet saat ini berasal dari aliran Netflix saja. Dan konsumsi media over-the-top (OTT) dari distributor seperti Netflix, Hulu Plus dan SuperPass diproyeksikan meningkat sebesar 60% dalam dua tahun ke depan.

Untuk memperjelas, ada dua jenis streaming video – langsung dan sesuai permintaan. Streaming langsung dilihat di internet secara bersamaan saat kamera menangkap dan mengkodekan acara secara digital. Streaming progresif adalah jenis streaming yang dimanfaatkan oleh penyedia jaringan OTT. Video sesuai permintaan adalah file yang dikompresi yang dikirimkan oleh server streaming. Ketika seorang pengguna akhir ingin melakukan streaming film, misalnya, mereka akan memilih film dan mengklik tombol putar. Vendor OTT kemudian akan mengirimkan film yang diminta melalui perangkat lunak khusus yang disebut server streaming. Server streaming akan menilai apa yang terjadi pada pemutar media pengguna akhir dan membuat penyesuaian yang disebut buffering untuk memastikan pengalaman menonton yang baik. Konten yang dialirkan tidak disimpan di hard drive pengguna akhir. Setelah konten dialirkan, konten tidak dapat diakses lagi kecuali file diminta lagi dari penyedia layanan streaming.

Selain streaming, ada metode pengiriman lain untuk file yang dikompresi ini, yang disebut unduhan. Ketika Anda membeli film, lagu atau acara TV, Anda mengunduh file dari server web (bukan server streaming), dan Anda menyimpan file di suatu tempat di mana Anda dapat mengaksesnya kapan pun Anda mau – biasanya di hard drive Anda. Umumnya, setidaknya sebagian dari unduhan harus lengkap sebelum Anda dapat mulai melihat konten tanpa gangguan.

Unduhan dapat berupa persewaan atau pembelian. Jika itu adalah rental, maka penyedia OTT biasanya memberikan jangka waktu tertentu dari waktu penyewaan untuk melihat konten sebelum file tersebut menghapus dirinya sendiri. Penting untuk dicatat bahwa file yang diunduh dapat berisi virus dan malware, jadi pastikan Anda mempercayai sumber apa pun dari mana Anda mengunduh file.

Pemutar media dapat mengambil banyak bentuk ketika Anda melakukan streaming atau melihat pembelian yang Anda unduh. Jika Anda menonton konten di komputer Anda, Anda mungkin akan menggunakan pemutar media yang disertakan dengan sistem operasi Anda, atau Anda dapat mengunduh pemutar media gratis atau premium yang disarankan oleh penyedia layanan streaming. Jika Anda ingin menonton di televisi Anda, Anda akan perlu memanfaatkan konsol game, pemutar Blu-ray, set televisi internet-enabled, atau pemutar media streaming yang terhubung ke televisi Anda dan jaringan nirkabel rumah Anda. Penting untuk memastikan bahwa pemutar media yang Anda inginkan didukung oleh penyedia OTT Anda.

Streaming tidak diragukan lagi di sini untuk tetap menjadi bagian dari pilihan hiburan kami. Tonton seiring dengan terus berkembangnya teknologi dan semakin banyak opsi tersedia bagi konsumen.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *