Fakta Menarik Tentang Botswana – Surga Demokratis di Dunia!

[ad_1]

Sejarah modern

Tahukah kamu- Botswana saat ini – mantan Bechuanaland-adalah protektorat di bawah Britania Raya dari 1886 hingga 1966, ketika negara itu menjadi negara merdeka di dalam Persemakmuran. Dalam dekade-dekade berikutnya, terinspirasi oleh Inggris dan Amerika Serikat, Botswana menjadi masyarakat demokratis, menjadikannya demokrasi Afrika yang terbaik. Sejak tahun 1970-an, ini adalah rumah bagi beberapa masyarakat paling damai di dunia. Tidak ada tempat lain di Dunia Ketiga yang memiliki sistem demokrasi yang sebanding dengan Botswana. Bertentangan dengan sebagian besar negara di dunia, bangsa Afrika tidak memiliki kudeta, gerilyawan, panglima perang, kediktatoran militer, dan revolusi Marxis. Hingga tahun 1990, ironisnya, negara demokratis ini dikelilingi oleh kediktatoran asing dan negara-negara yang dilanda perang.

Organisasi Internasional

Tahukah kamu- Negara yang berbahasa Inggris menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 1960-an.

Louvre of the Desert

Tahukah kamu- Gurun Kalahari adalah rumah bagi Tsodilo, salah satu keajaiban yang tidak diketahui di Bumi. Karena lukisan gua yang melimpah, Tsodilo adalah bagian dari Daftar Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2001. Keajaiban nasional ini berisi lebih dari 4.500 lukisan gua, menjadikannya sebagai pusat seni cadas tertinggi di dunia.

Orang Terkenal

Tahukah kamu- Botswana adalah rumah bagi beberapa orang Afrika paling terkenal: Sir Seretse Khama (mantan pemimpin), Gaositwe Chiepe (Menteri Hubungan Luar Negeri), Mpule Kwelagobe (1999 Miss Universe), Ruth Khama (mantan Ibu Negara), dan Kabelo Kgosiemang (atlet ).

Ekonomi

Tahukah kamu- Sejak ditemukannya berlian di Botswana lebih dari 40 tahun yang lalu, ia menjadi salah satu republik paling sejahtera di Afrika. Selama tahun 1970-an dan 1980-an, bekas koloni Inggris membanggakan salah satu tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia, di depan Jerman, Jepang, dan Belanda. Pada pertengahan 1990-an, ia juga memiliki pendapatan per kapita dua kali lipat dari sebagian besar negara-negara bekas sosialis di Eropa dan Asia Tengah.

Geografi

Tahukah kamu- Botswana adalah negara Afrika Selatan yang berbatasan dengan Zambia, Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Namibia. Ini adalah negara terbesar keempat di Afrika Selatan. Dengan lebih dari 1,5 juta orang dan wilayah seluas 600370 kilometer persegi, republik demokratik adalah salah satu negara paling jarang penduduknya di dunia, bersama dengan Mongolia, Namibia, Australia, dan Mauritania.

Demokrasi

Tahukah kamu- Botswana, republik yang terkurung daratan yang dikenal baik untuk taman nasional dan gurunnya, memiliki sistem demokrasi terbaik di seluruh Afrika. Sejak itu, tidak ada negara lain yang melakukan sebanyak Botswana untuk melestarikan demokrasi. Karena ini, itu adalah satu-satunya negara yang belum memiliki konflik sipil di daratan Afrika.

Botswana & Amerika Serikat

Tahukah kamu- Pemimpin Amerika, Bill Clinton, melakukan kunjungan kenegaraan ke Gaborone pada tahun 1998. Dia dan Ibu Negara Hillary Rodham Clinton datang ke Botswana pada hari ke enam dari 12 hari perjalanan melalui Afrika. Seperti banyak pengunjung asing, mereka mengunjungi Taman Nasional Chobe, simbol Botswana. Ini adalah pejabat tertinggi AS untuk mengunjungi negara Afrika pada abad yang lalu.

Perkembangan manusia

Tahukah kamu- Pada tahun 1996, negara Afrika menduduki peringkat ke-72 dari 170 negara dan wilayah dalam Indeks Pembangunan Manusia PBB, di atas Republik Rakyat Cina dan Afrika Selatan. Pada tahun 1995, sudah selesai 74.

Mineral

Tahukah kamu- Pada pertengahan 1990-an, negara ini adalah produsen intan terbesar kedua di dunia. Selain berlian, memiliki kandungan mineral tembaga, batu bara, nikel, perak, dan garam yang cukup besar.

The George Washington of Africa

Tahukah kamu- Mantan Kepala Negara Botswana Sir Seretse Khama adalah salah satu pemimpin Afrika terbesar abad ke-20. Setelah memimpin negara itu menuju kemerdekaan dari Inggris pada pertengahan 1960-an, ia dan istrinya, Lady Ruth Khama, seorang wanita kulit putih berkulit putih, mendirikan "revolusi demokratik", di mana orang kulit hitam dan kulit putih bekerja sama untuk sebuah negara baru tanpa kekerasan. Warisan Khama telah memungkinkan negara untuk mempertahankan dan melestarikan demokrasi liberal dalam dekade terakhir (tidak seperti beberapa aturan di Amerika Latin, Afrika, Asia dan Eropa Timur). Kebijakannya sangat dikagumi di luar Afrika. Selama pemerintahannya, antara 1966 dan 1980, rencana pemerintah Botswana berfokus pada peningkatan pendidikan dan pekerjaan, serta perawatan kesehatan. Karena kebijakan-kebijakan ini, negara yang berbahasa Inggris menjadi negara paling maju di Afrika pada 1970-an dan 1980-an. Pada saat yang sama, negara Afrika mempertahankan hubungan baik dengan London dan Amerika. Pada paruh kedua abad ke-20, Tuan Khama, yang merupakan Presiden demokratis terlama di Afrika, diidentifikasi dengan generasi pemimpin demokratis yang muncul di Planet.

Taman Nasional Chobe

Tahukah kamu- Taman Nasional Chobe adalah salah satu taman nasional paling indah di dunia. Geografi adalah rumah bagi berbagai macam burung air dan hewan mamalia.

Persatuan negara-negara

Tahukah kamu- Pada pertengahan 1990-an, negara yang berbahasa Inggris terpilih sebagai anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Mpule Kwelagobe

Tahukah kamu- Setelah memenangkan gelar Miss Universe di Trinidad & Tobago pada 1999, Mpule Kwelagobe, Miss Botswana, memimpin perjuangan negaranya melawan epidemi AIDS.

[ad_2]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *